Cara Membuat dan Mengiklankan Produk

Kali ini saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan saat kuliah. Nama mata kuliahnya adalah Iklan Media Cetak. Di mata kuliah tersebut, saya di ajarkan untuk membuat produk yang nantinya akan di iklankan di media cetak. Saat itu saya di beri mandat untuk membuat produk obat anti nyamuk dengan inovasi terbaru. Jadi saya melakukannya melalui tahapan berikut :

1. Membuat Logo Produk
Logo produk sangatlah penting agar orang lain dapat melihat dan mengingat produk yang ingin dijual. Inilah logo produk obat anti nyamuk yang saya buat.
Cara Membuat Logo Produk
Logo Produk
Dalam logo tersebut dapat juga di tambahkan tagline. Dapat anda lihat, tagline dari produk saya adalah "Cleaning Mosquitos".

2. Membuat Packaging Produk
Cara Membuat Packaging Produk
Packaging Produk
Packaging produk tidak kalah pentingnya dengan logo produk. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa packaging sangat amat penting karena itu adalah hal pertama yang akan di lihat oleh pembeli/customers. Jadi, kalau packaging nya tidak menarik perhatian pembeli, pasti mereka tidak akan mendekati produk tersebut, walau itu adalah produk unggulan sekalipun.

Disini dapat anda lihat, produk obat nyamuk saya adalah sebuah cat. Kenapa cat ? karena sesuai tema yang mengharuskan membuat produk dengan inovasi terbaru. Saya memilih membuat obat nyamuk berbentuk cat karena saya sering melihat banyak nyamuk yang suka hinggap di dinding, sehingga kalau catnya anti nyamuk, pasti nyamuk akan mati saat hinggap, atau akan menjauh dari ruangan tersebut karena tidak menyukai aromanya.

3. Membuat Iklan
Contoh Iklan Produk
Iklan Produk
Sesuai dengan mata kuliahnya, yaitu iklan media cetak, jadi saya membuat beberapa iklan yang nantinya akan di muat di koran atau majalah. Perlu di Ingatkan, ini adalah produk baru, jadi sebagai pengiklan kita harus perlu memberi penjelasan selengkap mungkin agar pembeli mengetahui produk yang dijual. Seperti memperlihatkan keunggulan, varian, tempat pembeli bisa mendapatkan produk, harga, dll untuk lebih lengkapnya, lihat iklan pertama.

Sedangkan Iklan lainnya sebagai pengingat saja.
Membuat Iklan Produk Menggunakan Corel DrawContoh Iklan Produk

4. Mempromosikan Produk
Cara mempromosikan produk biasanya berbeda-beda tergantung dengan kecocokannya. Kalau di perkuliahan saya di ajarkan dengan cara Promotion Mix. Bila belum mengetahui apa itu promotion mix, anda dapat membaca pada artikel sebelumnya yang berjudul Definisi Marketing Mix
Vector Poster Iklan
Iklan Event
Disini saya mencoba melakukan promosi dengan membuat event. Silahkan lihat contoh iklan dari event yang saya buat dalam rangka mempromosikan produk.

Dapat anda lihat event tersebut bertemakan "Happy Family Events". Dengan eventnya berisi berbagai macam game seru berhadiah, periksa gigi gratis, dan sekaligus konser musik.
Vector Kaos Event
Kaos Event
Saya juga membuatkan seragam khusus untuk para peserta lomba dalam event tersebut. Hal ini bertujuan agar logo produk yang ada di baju tersebut dapat dilihat oleh orang lain dan nantinya akan menjadi bahan pembincangan dari masyarakat, khususnya konsumen. Desain bajunya dapat anda lihat sendiri.

Sekian dulu informasi yang saya berikan dalam artikel ini. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada Dosen saya bu Endang Winarsih. Terima kasih pula saya ucapkan kepada anda karena telah membaca di Opick Weblog. Silahkan berikan komentar, kritik atau saran di kolom komentar. Jangan lupa untuk Like fan page Opick Weblog dan Follow twitter @opickweblog untuk mendapatkan info lebih banyak seputar Ilmu Komunikasi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat dan Mengiklankan Produk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel