Media Planning dan Contohnya

Definisi Media Planning dan Contohnya
Definisi Media Planning dan Contohnya
Media Planning adalah suatu proses dalam merancang suatu tata cara pelaksanaan yang menunjukkan bagaimana suatu komunikasi pada suatu waktu dan tempat akan digunakan sebagai kontribusi dalam mencapai tujuan marketing (Webmedia Independen).
Media Planning is defined as the process of designing a course of action that shows how advertising time and space will be used to contribute to the achievement of marketing objective (Bolen, 1986:464).
Fill (1995:324): �the aim of the media plan is to devise an optimum route for delivery of promotional message to the target audience�.

Tugas utama Perencana Media (Media Planner)

Memberikan jawaban terhadap pertanyaan:
�Bagaimana cara terbaik untuk menyampaikan iklan kepada calon pembeli dari suatu produk atau jasa�
BUKAN: menjual produk atau jasa yang diiklankan,
TETAPI: menyampaikan iklan/pesan kepada khalayak yang tepat, yaitu khalayak sasaran yang dijabarkan dalam strategi pemasaran

Tantangan Utama

Fungsi Media Planner
Menyampaikan iklan secara
  EFEKTIF
dan
EFISIEN


EFEKTIF :

  • Mencapai khalayak sasaran yang tepat
  • Menjangkau jumlah khalayak sasaran yang memadai
  • Frekuensi pemasangan yang memadai
  • Jangka waktu kegiatan
  • Penjadwalan kegiatan
  • Jangkauan geografis
  • Penempatan iklan dalam media terpilih

EFISIEN :

Murah belum tentu efisien
Mahal belum tentu efektif
Konsep efisiensi:
  • Harga yang dibayar per kontak terhadap khalayak sasaran, harga per pemirsa, pembaca, pendengar, dsb
  • CPM (cost per mile /thousand): biaya untuk menjangkau 1000 orang
  • CPRT/CPT (Cost Per rating Point): biaya untuk mendapatkan 1 rating point

Tugas Utama Departemen Media :

  1. Memberikan saran mengenai cara terbaik untuk menyampaikan komunikasi/pesan pengiklan kepada khalayak sasaran
  2. Melaksanakan pembelian tempat dan pemasangan iklan di media sesuai dengan rencana yang disetujui
  3. Melaporkan hasil pemasangan iklan di media

Peran Dept. media dan Perusahaan Periklanan

  1. Memberikan masukan pada departemen kreatif mengenai bentuk-bentuk kreatif (iklan) yang memungkinkan dengan mempertimbangkan anggaran yang ada, misalnya:
  2. Media cetak: ukuran yang memungkinkan; jenis kertas yang digunakan, bentuk tampilan, B/W atau Color)
  3. Media elektronik: durasi, bentuk-bentuk khusus (opening/closing billboard, bumper in/out, tag on,dll)
Sedangkan media buying dalam kegiatan perklanan adalah merupakan aktivitas dalam memilih institusi media, memonitoring dan mengevaluasi hasil dari kegiatan media planner. Fungsi yang dijalankan adalah pertama meliputi penyediaan informasi bagi media planner misalnya rating acara atau positioning suatu media, kedua negosiasi harga pembelian dan penyewaan waktu dan ruang pada suatu media, ketiga memonitor pelaksanaan kegiatan iklan seperti menghitung jumlah target audience yang tereksposure atau memonitor jadwal pelaksanaan iklan. Keempat mengevaluasi akumulasi efetivitas .kegiatan periklanan melalui media tertentu.

Kegiatan periklanan bisa dikatakan efektif, bilamana target audience atau sasaran iklan mampu dicapai. Untuk mencapai itu maka diperlukan perencanaan dan pemilihan media yang tepat. Untuk mendukung pendapat mengenai pentingnya perencanaan media iklan yang akan digunakan sebagai penyampai pesan iklan, Melvin de Fleur mengungkapan teori mengenai komunikasi satu tahap yang mempunyai sifat sifat :
  1. Mengakui bahwa tidak semua media memiliki kekuatan atau pengaruh yang sama terhadap audience.
  2. Memperhitungkan peranan selektivitas, sebagai faktor yang menentukan didalam penerimaan pesan oleh audience.
  3. Mengakui kemungkinan timbulnya reaksi yang berbeda beda dari audience terhadap pesan komunikasi yang sama.

CONTOH MEDIA PLANNING

Informasi Produk
Perusahaan : NESTLE
Brand : Nescafe
Khalayak Sasaran : 15 +
Geografi : Nasional
Periode : Juli 2014 � Desember 2014
Media : Cetak

Tujuan Media Placement
1. Memperkuat Brand Awareness Nescafe Pada Target Sasaran
2. Mendorong khalayak untuk memilih dan beralih pada Nescafe
3. Mencapai 85% khalayak sasaran dengan frekuensi rata-rata melihat minimal 3x

Analisa Persaingan Media
Kompetitor :
- Kopi Kapal Api
- Torabika
- Indocafe
- Top Kopi

Total Belanja
*Harga Paket Iklan di Koran Kompas tahun 2014
Banner Halaman 1 Reguler (FC), 7Kolom x 100 mm, 1 kali terbit = Rp. 330.000,00
Dan pemasangan iklan untuk kopi dalam seminggu 3x selama 4 bulan, diskon 30%. ialah
3 x 4 Minggu x 6 bulan x Rp. 330.000 = Rp. 23.760.000,00.
Diskon 30% = Rp. 23.760.000 x 30 : 100 = Rp. 6.828.000,00
Rp. 23.760.000 � Rp 6.828.000 = Rp. 16.932.000 (harga setelah diskon)
Ppn 10% = Rp. 16.932.000 x 10 : 100 = Rp. 1.693.200
16.932.000 + 1.693.200 = Rp. 18.625.200,00

Strategi Media
o Menggunakan strategi bauran media untuk memperluas jangkauan penetrasi dan menambah frekuensi
o Media Cetak digunakan untuk menyampaikan pesan dari iklan tersebut secara lebih lengkap dan untuk menjangkau khalayak sasaran yang lebih selektif.
Komposisi Pemilihan Program
Pada bulan juli - September
-sport 10%
-entertainment 40%
-Series 40%
-news 10%

Pada bulan Oktober - Desember
-entertainment 50%
-Series 40%
-news 10%

Strategi Media Cetak
� Menampilkan ikan display warna untuk menyampaikan iklan Nescafe dengan lebih menarik, sebagai pengingat untuk para pembasa
� Memilih Surat kabar yang memiliki tingkat kepembacaan yang tinggi di daerahnya
� Menampilkan pesan yang sesuai dan dapat menarik minat pembaca
� Pemasangan pada koran, majalah serta tabloid guna memperluas media cetak yang akan digunakan
� Sasaran yakni kalangan menengah kebawah hingga menengah keatas dengan menggunakan media cetak
� Pemasangan iklan pada tabloid dan majalah untuk mengajak remaja 15 tahun ke atas membeli produk nescafe
� Pemasangan iklan pada koran untuk mengajak orang tua membeli produk nescafe

Media Outline
Media Outline , Media Planning, Media Planner
Media Outline (Juli - Desember)

Baca Juga Contoh Media Planning Produk untuk contoh lain yang lebih lengkap. Silahkan tinggalkan komentar berupa saran atau kritikan Anda. Bila ingin riquest materi, bisa langsung tuliskan pula pada kolom komentar. Terima Kasih banyak telah mengunjungi Opick Weblog

Download Artikel ini gratis sekarang juga!

Download

If Need Password : Opick Weblog

Belum ada Komentar untuk "Media Planning dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel