Kampanye Public Relations Melalui Media Online
Kampanye Public Relations Melalui Media Online |
MAKALAH
STRATEGI MEDIA
�KAMPANYE PUBLIK RELATION MELALUI MEDIA ONLINE�
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada tuhan yang maha esa, karena atas berkat dan limpahan rahmatnyalah maka saya dapat menyelesaikan sebuah makalah dengan tepat waktu.
Berikut ini penulis mempersembahkan sebuah makalah dengan judul �Media Buying�, yang mmenurut saya dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita untuk mempelajari lebih lanjut tentang strategi media.
Atas dukungan moral dan materi yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen bu Trimanah, S.Sos, M.Si selaku dosen pengampu mata kuliah Strategi Media.
Akhir kata semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya, penulis menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari sempurna untuk itu penulis menerima saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan kearah kesempurnaan. Akhir kata penulis sampaikan terimakasih.
Semarang, 07 Mei 2014
Muhammad Taufiq Nur
Bab I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
PR merupakan satu bagian atau satu departemen yang bertanggung jawab mendengarkan dan menampung segala kritik, keluhan ataupun saran dari masyarakat.
Peran PR dalam menciptakan opini dan image kepada consumer melalui publisitas harus selalu mengembangkan fungsinya dan mengikuti arus perkembangan dan perubahan bisnis yang ada.
Saat ini peran PR dalam menciptakan opini dan image kepada consumer melalui publisitas belum maksimal dan masih sebatas merespon komplain dan keluhan yang ada dalam surat pembaca.
Agar pengelolaan PR lebih maksimal dan profesional maka PR tidak hanya menjawab komplain masyarakat tetapi dituntut untuk menyampaikan informasi baik itu produk eksisting, produk baru maupun produk unggulan yang meliputi penggunaannya, manfaat, kelebihan dan kekurangannya melalui upaya publisitas melalui berbagai media yang ada. Tujuannya agar masyarakat lebih mengenali produk yang ada dan citra pelayanan mendapat pengakuan dari masyarakat/ konsumen serta menciptakan opini yang baik pada masyarakat.
Seiring dengan perkembangan jaman, media semakin canggih dan serba guna. Media sendiri adalah suatu wadah atau sarana dalam menyampaikan suatu informasi dari pengirim kepada penerima. Media adalah segala bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi. (Latuheru. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta : Depdikbud. 1988. Hlm 11)
Media yang populer sekarang ini salah satunya adalah media online. Media online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan fasilitas yang memungkinkan user memanfaatkannya�.
Seorang praktisi PR yang memiliki peran penting dalam suatu instansi atau organisasi harus bisa mengusai media demi kepentingan perusahaannya. Salah satunya media yang diperlukan dalam proses kampanye adalah media online dan sering dikenal dengan E-PR.
PR merupakan satu bagian atau satu departemen yang bertanggung jawab mendengarkan dan menampung segala kritik, keluhan ataupun saran dari masyarakat.
Peran PR dalam menciptakan opini dan image kepada consumer melalui publisitas harus selalu mengembangkan fungsinya dan mengikuti arus perkembangan dan perubahan bisnis yang ada.
Saat ini peran PR dalam menciptakan opini dan image kepada consumer melalui publisitas belum maksimal dan masih sebatas merespon komplain dan keluhan yang ada dalam surat pembaca.
Agar pengelolaan PR lebih maksimal dan profesional maka PR tidak hanya menjawab komplain masyarakat tetapi dituntut untuk menyampaikan informasi baik itu produk eksisting, produk baru maupun produk unggulan yang meliputi penggunaannya, manfaat, kelebihan dan kekurangannya melalui upaya publisitas melalui berbagai media yang ada. Tujuannya agar masyarakat lebih mengenali produk yang ada dan citra pelayanan mendapat pengakuan dari masyarakat/ konsumen serta menciptakan opini yang baik pada masyarakat.
Seiring dengan perkembangan jaman, media semakin canggih dan serba guna. Media sendiri adalah suatu wadah atau sarana dalam menyampaikan suatu informasi dari pengirim kepada penerima. Media adalah segala bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi. (Latuheru. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta : Depdikbud. 1988. Hlm 11)
Media yang populer sekarang ini salah satunya adalah media online. Media online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan fasilitas yang memungkinkan user memanfaatkannya�.
Seorang praktisi PR yang memiliki peran penting dalam suatu instansi atau organisasi harus bisa mengusai media demi kepentingan perusahaannya. Salah satunya media yang diperlukan dalam proses kampanye adalah media online dan sering dikenal dengan E-PR.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka makalah ini mengangkakat rumusan masalah yaitu :
1. Apakah E-PR itu?
2. Bagaimana kampanye seorang PR melalui media online?
1.3 Tujuan
Dari rumusan masalah diatas, maka makalah ini bertujuan untuk :
1. Mengetahui apa E-PR itu.
2. Mengetahui Bagaimana kampanye seorang PR melalui media online.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka makalah ini mengangkakat rumusan masalah yaitu :
1. Apakah E-PR itu?
2. Bagaimana kampanye seorang PR melalui media online?
1.3 Tujuan
Dari rumusan masalah diatas, maka makalah ini bertujuan untuk :
1. Mengetahui apa E-PR itu.
2. Mengetahui Bagaimana kampanye seorang PR melalui media online.
Belum ada Komentar untuk "Kampanye Public Relations Melalui Media Online"
Posting Komentar