Cara Melindungi Kode Javascript Dengan Obfuscator

Cara Melindungi Javascript Menggunakan Obfuscator
Cara Melindungi Javascript Menggunakan Obfuscator
Bagi para bloggers terutama designer template pasti sering dicopas karya hak ciptanya. Javascript pendukung template atau pun untuk widget sering kali menjadi sasaran empuk para copaser yang giat melakukan copy paste terhadap javascript. Kebanyakan blogger akan mengubah menyembunyikan javascript dengan menggunkan tools Decode dan Encode untuk mengubah kode menjadi simbol.

Akan tetapi tools Decode dan Encode dapat pula digunakan untuk fungsi kebalikannya, yaitu dengan mengubah kembali simbol menjadi kode. Jadi, saya menganjurkan untuk menyembunyikan javascript menggunakan Obfuscator.

Apa itu Obfuscator ?

Obfuscator adalah sebuah software untuk mengaburkan kode, yaitu sumber atau kode mesin yang sangat sulit untuk dipahami. Sama seperti namanya, Obfuscator atau dalam bahasa Indonesia berarti kebingungan, software ini juga dapat membuat kode menjadi beberapa gabungan simbol.

Walaupun kode atau javascript telah diubah menjadi simbol, itu akan tetap aktif saat digunakan. Sangat praktis bagi sobat blogger yang tidak ingin memperlihatkan kode buatannya. Bisa juga anda sisipkan kode Copyright atau Hak Cipta untuk melindungi karya Anda.

Software Javascript Obfuscator dapat sobat gunakan dengan mendownloadnya atau langsung menggunakan secara online. Bagaimana cara menggunakan Javascript Obfuscator ? Simak tutorial berikut.

Cara Menggunakan Javascript Obfuscator

1. Silahkan kunjungi situs Javascript Obfuscator.

2. Bila Ingin Mendownload Software, silahkan klik tombol bertuliskan Download Obfuscator GUI. Jika ingin langsung menggunakan tools Javascript Obfuscator, silahkan lihat gambar berikut.
Cara Menggunakan Javascript Obfuscator

Keterangan:
  • Pada tanda pertama, silahkan paste kode Javascript sobat.
  • Kedua, klik tombol Obfuscate lalu tunggu sampai loading selesai.
  • Ketiga atau yang terakhir, copy kode yang telah diubah menjadi simbol.
Baca juga : Cara Mencegah dan Mengatasi Copy Paste Dari Blog AGC
3. Setelah mendapatkan kodenya, silahkan tempatkan pada blog sobat dan selesai.

Cukup sekian artikel tentang Cara Melindungi Kode Javascript Dengan Obfuscator. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat blogger yang ingin berkarya. Sebelum menerapkan tutorial di atas, silahkan sempatkan sedikit waktu sobat untuk berkomentar. Terima kasih banyak telah mengunjungi Opick Weblog.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melindungi Kode Javascript Dengan Obfuscator"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel