Definisi Marketing Mix
Assalamu Alaikum Wr. Wb.
Definisi Marketing Mix
Hai guys, gimana kabarnya? semoga kalian semua dalam kedaan sehat sejahtra. Sebagai seorang praktisi komunikasi, kita tidak hanya akan terjun dalam ruang lingkup komunikasi saja, namun kita juga dapat menjadi seorang enterpreneur yaitu dengan berwirausaha. Dalam melakukan hal tersebut, di perlukan pengetahuan tentang marketing. Saat mempelajari prihal marketing, pastinya tidak lepas dari yang namanya Marketing Mix. Apa itu Marketing Mix???
Definisi Marketing Mix
Menurut Kotler & Amstrong (1997:48), "Marketing Mix adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran".
"Marketing Mix adalah strategi mengkombinasikan kegiatan-kegiatan marketing, agar tercipta kombinasi maksimal sehingga memunculkan hasil paling memuaskan". (Alma, 2005:205)
Sehingga dari banyak definisi di atas dapat di simpulkan bahwa, Marketing Mix adalah suatu upaya yang dilakukan oleh perusahaan, dengan memadukan produk, harga, distribusi, dan promosi dalam rangka mempengaruhi tanggapan konsumen.
Dalam Marketing Mix dikenal dengan beberapa aspek yaitu :
1. Product (produk)
"Produk adalah setiap apa saja yang bisa di tawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan", Sumarni & Soeprihanto (2010:274). Produk yang di tawarkan tidak selalu berupa barang atau jasa, namun bisa pula keduanya.
2. Price (harga)
"Jumlah uang (ditambah beberapa produk jika mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya", Sumarni & Soeprihanto (2010:281). Setelah produk selesai di produksi, maka pihak pembuat atau perusahaan akan menentukan harga dari produk tersebut.
3. Place (tempat/distribusi)
Tempat dalam marketing mix biasa disebut dengan saluran distribusi, yaitu dimana konsumen bisa mendapatkan produk tersebut. "Saluran distribusi yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau industri pemakai", Sumarni & Soeprihanto (2010:288).
4. Promotion (promosi)
Menurut Tjiptono (2008:219), pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Setelah mengetahui Marketing Mix beserta komponen didalamnya, dapat disimpulkan bahwa marketing mix atau yang sering disebut bauran pemasaran adalah suatu komponen pemasaran yang terdiri dari 4P yaitu product, place, price, dan promotion yang saling berkaitan satu sama lain dengan tujuan memenuhi kepuasan dan kebutuhan konsumen serta tujuan perusahaan.
Terima kasih telah membaca di opick weblog, semoga informasinya dapat bermanfaat dan dapat di share ke teman-teman. Jangan lupa untuk like fan page Opick Weblog dan follow twitter @opick00 untuk lebih mudah mengakses informasi seputar komunikasi. Akhir kata mohon maaf bila masih ada kekurangan atau salah kata. Wasalamu alaikum wr. wb.
Belum ada Komentar untuk "Definisi Marketing Mix"
Posting Komentar