Strategi Public Relations Manager
Strategi Public Relations Manager |
Salam semangat untuk kita semua ! dan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat...
Kali ini saya ingin menjelaskan salah satu dari fungsi Manajemen Public Relations, yaitu Strategi PR (Public Relations Strategy). Sebelumnya saya telah membuat makalah dengan judul "Bagaimana Menentukan Objective dalam Public Relations". Sebagai seorang praktisi PR, kita juga harus mampu membuat perencanaan kedepan untuk masalah yang sedang di hadapi. Oleh karena itu, di butuhkannya strategi PR untuk mencapai tujuan tersebut.
Tanpa basa basi lagi, silahkan baca makalah buatan saya yang berjudul "Strategi Public Relations".
MANAJEMEN INDUSTRI PR
�Strategi Public Relations�
Bab I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Bila kita mencermati pemberitaan media begitu beragam kasus-kasus yang terjadi di internal maupun ekstenal perusahaan seperti gagalnya perusahaan melakukan IPO, demo pegawai menuntut kenaikan gaji, tudingan perusakan alam, atau bahkan perusahaan yang dinilai dalam kondisi prima secara finansial secara mengagetkan diberitakan akan dipailitkan. Kondisi ini memperlihatkan kepada kita kerentanan organisasi di era global. Dan ketika masalah sedang menimpa perusahaan, maka dengan seketika peran public relations mencuat ke permukaan dan fungsi sebagai �problem solver� menjadi misi terpenting. Dalam konteks ini PR tak ubahnya seperti pemadam kebakaran saja, hanya diperlukan ketika ada masalah sedang terjadi.
Di era digital saat ini organisasi berhadapan dengan kastemer yang semakin cerdas dalam memahami dan menyikapi setiap pemberitaan media maupun pembicaraan publik. Meningkatnya globalisasi seiring dengan pesatnya perkembangan media dan teknologi secara otomatis telah merubah pola komunikasi dan perilaku masyarakat. Situasi ini menyulitkan organisasi untuk memprediksi secara akurat apa yang akan terjadi, hal ini mempengaruhi kerentanan organisasi dan dapat berdampak pada reputation risk. Menghadapi perubahan yang semakin dinamis, organisasi yang statis dan menjalankan business as usual hanya tinggal menunggu waktu untuk �karam�. Organisasi yang dinamis dalam merespon perubahan, inovatif dalam mengembangkan strategi korporat dan bisnis dapat bertahan dalam persaingan dan mampu menjaga keberlangsungan bisnisnya. Kondisi dan situasi ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi para praktisi PR untuk berkembang dari hanya sekedar menjalankan perannya sebagai communication technician menjadi berkontribusi dalam strategic management.
Sebagai sebuah profesi seorang praktisi PR bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. Bagian penting dari pekerjaan petugas humas dalam suatu organisasi adalah Membuat kesan (image) �kesan baik, citra positif, Pengetahuan dan pengertian �informasi, penerangan, penjelasan, Menciptakan ketertarikan, Penerimaan �pengertian, pemahaman, Membangun/menciptakan simpati publik. Kegiatan Humas adalah melobi, berbicara di depan publik atau melakukan pembicaraan publik (public speaking), menyelenggarakan acara, dan membuat pernyataan tertulis seperti rilis berita.
PR dalam definisinya dikatakan bahwa PR itu melekat pada manajemen. Manajemen tak akan dapat berjalan sebagimana seharusnya tanpa adanya PR. Manajemen sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi dalam kehidupan masyarakat modern seperti sekarang ini. Tak ada kegiatan yang dilakukan dalam dan oleh masyarakat yang tidak memerlukan manajemen. Dalam pengertian PR dinyatakan bahwa PR akan sukses dalam fungsinya apabila mampu menciptakan, membangun, dan mengembangkan relasi kita.
Kedudukan, peranan dan tugas Public Relations dalam sebuah organisasi (perusahaan/pemerintahan), jelas sengatlah penting. Sehingga pelaksanaan aktivitasnya harus dikemas seefektivas mungkin. Dan ini di antaranya bisa diraih dengan cara mempesiapkan dan mengaplikasikan program kerja Public Relations dengan baik dan tepat. PR harus diposisikan secara langsung berdekatan dengan manajemen. Hal ini sesuai dengan fungsi manajemen di dalam organisasi. PR harus terletak pada lini garis staf manajemen puncak. Dengan begitu PR dapat mengorganisasi seluruh kegiatan komunikasi organisasi baik secara internal maupun eksternal. PR merupakan salah satu pendukung dalam mengatur organisasi atau perusahaan. Disini PR dalam kegiatannya merupakan profesi dalam melayani publiknya, dan ikut menentukan tujuan organisasi atau perusahaan dengan membuat rencana kerja, menciptakan strategi, melaksanakan rencana kerja, dan menilai hasil kerja.
Mencermati dan mengobservasi peran dan fungsi PR di sebagian besar perusahaan di Indonesia, PR masih diposisikan sebagai communication technician yang hanya berfokus pada publicity dan media relations. Pemahaman manajemen yang masih rendah tentang PR sering menjadi kendala bagi para praktisi dalam menjalankan fungsinya khususnya ketika dihadapkan pada berbagai permasalahan organisasi.
Oleh karena itu, seorang praktisi PR harus mampu merencanakan segala sesuatu dengan cermat dan tepat melalui fungsi manajemen, sehingga dapat membuat strategi untuk mengatasi masalah yang di hadapi oleh suatu instansi atau perusahaan. Lantas apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dalam strategi PR?
1.2 Rumusan Masalah
Manajemen PR dapat dikatakan sebagai penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan-kegiatan Public Relations. Dalam proses tersebut kita jumpai teknik-teknik dan koordinasi tertentu yang dipergunakan oleh kelompok orang-orang yang disebut manajer di dalam mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan itu sendiri. Proses ini pun mencakup fungsi-fungsi dasar dengan pendekatan analistik seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan dalam melaksanakan manajemen.
Berdasarkan hasil tersebut, analisis ini ingin mengetahui bagaimana seorang prakisi PR membuat strategi dalam public relations.
1.3 Tujuan
Analisis ini ingin mengetahui bagaimana seorang prakisi PR membuat strategi dalam public relations.
Untuk lebih jelasnya langsung download saja file-nya
Terima kasih banyak telah membaca di opick weblog, semoga bermafaat dan jangan lupa tinggalkan komentar sobat. Orang Bijak Gunakan Ilmu Padi (semakin berisi, semakin merunduk)
Belum ada Komentar untuk "Strategi Public Relations Manager"
Posting Komentar