Contoh Proposal Riset Periklanan Studi Ilmu Komunikasi
Contoh Proposal Riset Periklanan Studi Ilmu Komunikasi |
Seperti biasa, saya akan menerangkan sedikit seputar riset periklanan.
Menurut Lee dan Johnson yang dialih bahasakan oleh Munandar dan Priatna (2007:3). �Periklanan adalah komunikasi komersil dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraan umum�.
Menurut Clifford Woody riset adalah suatu pencarian yang dilaksankan dengan teliti untuk memperoleh kenyataan-kenyataan atau fakta atau hukum-hukum baru. Di dalamnya terdapat usaha dan perencanaan yang sungguh-sungguh yang relatif makan waktu yang cukup lama.
Menurut Lee dan Johnson yang dialih bahasakan oleh Munandar dan Priatna (2007:3). �Periklanan adalah komunikasi komersil dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat massal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang, atau kendaraan umum�.
Menurut Clifford Woody riset adalah suatu pencarian yang dilaksankan dengan teliti untuk memperoleh kenyataan-kenyataan atau fakta atau hukum-hukum baru. Di dalamnya terdapat usaha dan perencanaan yang sungguh-sungguh yang relatif makan waktu yang cukup lama.
Baca Juga: Contoh Proposal Riset Media & Khalayak (Recomended)
Sehingga, dapat disimpulkan bahwa riset periklanan adalah suatu upaya dalam meneliti komunikasi komersil dan nonpersonal (iklan), untuk memperoleh kenyataan-kenyataan atau fakta baru. Riset Periklanan biasanya dilakukan dalam rangka mengetahui efektifitas suatu iklan.
Oke, saya rasa sudah cukup perkenalannya. Bila ingin mengetahui lebih lanjut silahkan lihat Preview berikut. Contoh Proposal Riset Periklanan Studi Ilmu Komunikasi dengan Judul EFEKTIFITAS IKLAN YOU C 1000 VERSI MISS UNIVERSE OLIVIA CULPO DI KALANGAN MAHASISWA UNISSULA ANGKATAN 2011.
EFEKTIFITAS IKLAN YOU C 1000 VERSI MISS UNIVERSE OLIVIA CULPO DI KALANGAN MAHASISWA UNISSULA ANGKATAN 2011
I. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Saat ini masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan apalagi saat ini pola hidup masyarakat modern sudah semakin berubah dibandingkan dengan masa lalu. Kesibukan dinamika kehidupan modern membuat masyarakat tidak punya waktu untuk menjaga kesehatan apalagi untuk masyarakat perkotaan yang gaya hidupnya sering berisiko bagi terjadinya tingkat stress yang tinggi dan menurunnya kualitas nutrisi.
Vitamin, khususnya C, merupakan satu zat yang diperlukan tubuh manusia setiap hari, sebagai antioksidan dan menjaga kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit. Vitamin C sebenarnya bisa ditemukan diberbagai jenis buah dan sayuran hanya saja, selain kadarnya yang kurang mencukupi, pola makan serta kesibukan masyarakat modern juga menjadikan kebutuhan vitamin C kurang terpenuhi.
Salah satu produk yang menawarkan Vitamin c adalah YOU C1000. YOU C1000 merupakan salah satu produk minuman bervitamin yang diproduksi oleh PT. Djojonegoro C-1000. Icon dari produk YOU C1000 adalahMiss Universe.Miss Universe telah menjadi icon produk YOU C-1000 sejak awal produk muncul di pasar yaitu sejak tahun 2005 hinggasekarang. Sejak tahun 2004, YOU C-1000 diperkenalkan oleh pemenangMiss Universe untuk membintangi iklan komersial sepertiAmeliaVega,Natalie Glebova, Zuleyka Rivera, Riyo Mori,dan Dayana Mendoza. Mulai dari Zuleyka, setiap Miss Universe memiliki 2 versi iklan komersial.Yang pertama biasanya mencari polos dengan warna putih mendominasilatar belakang sedangkan yang kedua menunjukkan kehidupan warna-warniIndonesia.Kegunaan YOU C-1000 yaitu untuk memelihara dayatahan tubuh. Tubuh memerlukan Vitamin C yang cukup setiap hari . YOUC-1000 digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin C,misalnya pada masa penyembuhan saat sariawan, gusi berdarah,perawatan setelah operasi, flu dan demam, serta memelihara kesehatankulit.Produk : YOU C-1000 Apple, YOU C-1000 Lemon, YOU C-1000 Orange. Selain itu, produk You C 1000 memberikan manfaat yaitu Memperkuat imun tubuh, Meningkatkan penyerapan kalsium untuk tulang dan gigi yang lebih kuat, Meningkatkan stamina, Mengurangi resiko terkena kanker, Mempercepat proses pertumbuhan, Menjaga dan mempercantik kulit, Menguraangi efek rokok dan polusi udaraa pada tubuh, Membantu melawan kolesterol jahat dan mengurangi resiko terkena serangan jantung Keunggulan Produk ini : Dalam mengutamakan kesehatan konsumen, YOU C-1000 vitamin lemon dan vitamin orange dibuat dengan menggunakan teknologi dan sistem modern dari jepang serta tidak menggunakan bahan pengawet maupun pewarna buatan. Hanya buah � buahan alami pilihan yang digunakan untuk mendapatkan rasa yang paling menyegarkan. YOU C -1000 vitamin lemon dan vitamin orange hadir dalam bentuk cair yang siap.
Selain itu, You C 1000 merupakan produk yang bahan dasarnya berasal dari ALAM, dan dipadukan dengan teknologi dan inovasi mutakhir menghasilkan produk terbaik bagi kebaikan manusia. Di mana produk ini memberikan kesehatan yang lebih baik bagi manusia. Manfaat YOU C 1000 ini akan dapat diperoleh bila mengkonsumsi YOU C 1000 . YOU C 1000 yang mengandung 1000 mg Vitamin C bila dikonsumsi secara teratur, maka manfaat Vitamin C tersebut akan membangun immune system kita dari dalam, dan manfaat Vitamin C juga memberi kesehatan pada kulit sehingga terlihat segar di luar. Masih banyak lagi manfaat Vitamin C yang kita dapatkan. Maka slogan Healthy Inside Fresh Outside memang kita pakai karena mewakili image yang diinginkan dari YOU C 1000 .
Mengusung Miss Universe sebagai model iklan, produk ini memang ditujukan bukan hanya untuk pasar lokal namun juga pasar internasional. Target dari produk ini adalah wanita yang peduli akan kesehatan dan kecantikan. Namun, YOU C 1000 sesungguhnya dapat dikonsumsi oleh siapa saja yang peduli dengan kesehatan. Selain mengandung 1000 mg vitamin C, YOU C 1000 telah mendapatkan lisensi Takeda Jepang dengan standard kualitas tertinggi. Kelebihan lainnya yang dimiliki produk ini adalah inovasi teknologi dimana terbuat dalam bentuk Liquid/cair, dalam bentuk inilah dosis tinggi Vitamin C dapat stabil. Rasa segar dan terbuat dari bahan-bahan natural juga menjadi daya tarik dari produk ini. Slogan ini sudah sangat pas diusung karena YOU C 1000 berasal vitamin C yang manfaatnya bagi tubuh tidak diragukan lagi.
Iklan yang diteliti dalam penelitian ini adalah YOU C 1000 Versi Miss Universe Olivia Culpo, dimana selama ini PT. Djojonegoro membidik masyarakat indonesia yang sering beraktifitas di luar dan siapapun yang memperhatikan kesehatan. Serta peneliti mengkhususkan penelitian ini pada mahasiswa unissula angkatan 2011.
Penelitian ini akan menekankan pada efektifitas iklan you c 1000 yang di keluarkan oleh PT. Djojonegoro. Salah satu model untuk megukur efektifitas iklan adalah EPIC model. Dalam metode ini membagi kedalam empat bagian dimensi kritis dalam iklan yaitu Empati, Persuasi, Impact, Komunikasi untuk kemudian di analisis untuk melihat efektifitas masing - masing dimensi tersebut secara terpisah sehingga dapat diketahui pada dimensi yang manakah sebuah iklan itu memiliki kelemahan dalam pencapaian tujuan, sehingga nantinya dapat dibuat strategi yang baru untuk memperbaikinya.
Objek dari penelitian ini adalah mahasiswa universitas Islam sultan agung semarang angkatan 2011 yang pernah melihat iklan you c 1000 versi miss universe Olivia Culpo. Unissula sendiri merupakan universitas yang berada dijalur utara semarang yang sangat sibuk dengan aktifitasnya serta mobilitas kendaran tinggi sehingga dibutuhkan konsentrasi yang tinggi saat berkendara. Alasan lain peneliti mengambil mahasiswa unissula sebagai objek penelitian karena peneliti melihat para mahasiswa sangat senang beraktifitas di luar ruangan serta admospir di kota semarang sendiri cukup panas sehingga mereka dengan mudah tidak memperhatikan kesehatan terutama pemenuhan kebutuhan Vitamin C, sehingga dengan begitu akan menggurangi daya tahan tubuh.
Berdasarkan latar beakang diatas, peneliti ingin meneliti lebih lanjut mengenai �Efektifitas Iklan you C 1000 Versi Miss Universe Olivia Culpo di Kalangan Mahasiswa Unissula Angkatan 2011.�
Bila ingin melihat lebih lengkapnya, silahkan di download.
Belum ada Komentar untuk "Contoh Proposal Riset Periklanan Studi Ilmu Komunikasi"
Posting Komentar