Hubungan Antara Pernyataan "Medium Is The Message" dengan Era New Media

Medium Is The Message
Ketika berbicara tentang media online pastinya hal tersebut telah mencakupi new media. Melihat perkembangan new media dalam hal ini media online telah berkembang dengan sangat pesat. Informasi dapat diakses lebih mudah dibandingkan jaman dulu. Namun, apakah hal tersebut akan menyebabkan media konvensional seperti koran, majalah dan media cetak lainnya akan kehilangan kepopuleran atau bahkan sampai kehilangan penggunanya dalam kurung waktu beberapa tahun kedepan? Menurut saya hal tersebut bukan tidak mungkin terjadi. Karena seperti yang dikatakan oleh McLuhan dalam bukunya Understanding Media: The Extensions of Man, dikatakan bahwa Medium is The Message.

Dapat dikatakan bahwa pengguna media online telah meningkat dari tahun ke tahun. Contoh kecil saja dapat dilihat dari pengguna sosial media seperti facebook. Di Indonesia sendiri, pengguna facebook termasuk yang terbanyak di dunia. Dikutip dari JagatReview(dot)Com, terdapat lebih dari 64,6 juta warga Indonesia yang menggunakan facebook sebagai sumber informasi terupdate (30/01/15). Maka dari itu, bukan mustahil bahwa new media dapat mengalahkan media konvensional.

Melalui media cetak kita dapat mendapatkan berita yang memungkinkan kita untuk mengetahui informasi terbaru. Tapi jangka waktu terbatas serta banyak terdapat kekurangan bila di bandingkan dengan media online. Pada media cetak kita bisa saja mencari berita yang kita inginkan, misalnya kita menginginkan berita yang berisikan informasi seputar otomotif, kita dapat berlangganan majalah otomotif. Akan tetapi jaman sekarang dapat lebih mudah dengan menggunakan media online. Kita hanya tinggal memasukkan key words tentang apa yang kita cari pada mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan lain-lain, maka akan langsung menampilkan hasil dari key words yang kita tuliskan tadi. Bisa dikatakan jauh lebih mudah bukan?

New media juga dapat merubah kebiasaan seseorang. Dulu ketika waktu makan di restoran pastinya kita akan memilih menu makanan lalu akan memakannya saat makanan tersebut telah disajikan. Sekarang beda lagi, setelah makanan di sajikan biasanya akan difoto terlebih dahulu sebelum dimakan lalu dishare melalui akun sosial media bahwa dia sedang makan makanan tersebut direstoran yang dia tempati sekarang, agar orang lain mengetahuinya. Hal tersebut adalah informasi terupdate yang belum tentu diketahui oleh orang lain. Perubahan kebiasaan dan sikap kita ini merupakan salah satu contoh aplikasi konsep medium is the message yang disinggung di awal post.

Ketika memaparkan konsep ini, McLuhan memiliki artian tersendiri terhadap kata medium dan message. Ketika kita berbicara mengenai konsep medium is the message milik McLuhan, kita tidak berbicara mengenai medium sebagai media pada umumnya seperti TV, radio, koran, dsb. Serta message sebagai konten yang terkandung dalam media. Bagi McLuhan, konsep medium is the message berbicara tentang bagaimana semua karya dan inovasi yang merupakan perpanjangan tangan dari manusia (medium) memengaruhi dan memberi efek kepada masyarakat (message).

Jadi efek yang ditimbulkan oleh medium dalam hal ini media online tentu akan memberikan efek kepada penikmatnya. Namun, hal tersebut juga berlaku terhadap media cetak. Mengapa saya katakan begitu? karena koran, majalah dan media cetak lainnya juga memiliki peranan terhadap gaya hidup dan pola pikir masyarakat. Pikirkanah ketika dahulu mesin cetak belum ada, bagaimana masyarakat memperoleh informasi dan sekarang internet telah ada cara memperoleh informasi juga sudah lebih mudah didapatkan. Jadi bukan tidak mungkin bahwa peralihan media dapat terjadi karena adanya pengaruh teknologi. Namun, saya katakan bahwa teknologi tersebut juga merupakan message atau pesan itu sendiri. Karena dapat memberikan pengaruh atau efek terhadap masyarakat.

Intinya, dalam beberapa tahun kedepan mungkin akses untuk mendapatkan informasi akan lebih canggih dan mudah, namun media mana yang memberikan efek atau pengaruh lebih besar pastinya akan terus digunakan dan dipertahankan tergantung dari kebutuhan penggunanya.



Belum ada Komentar untuk "Hubungan Antara Pernyataan "Medium Is The Message" dengan Era New Media"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel